Blogger templates

Kamis, 24 November 2011

Menikmati Keindahan Pulau Tidur Boa Vista




Boa Vista, Pulau Indah Yang Tertidur (cape-verde-mortgages.blogspot.com)
Boa Vista, Pulau Indah Yang Tertidur (cape-verde-mortgages.blogspot.com)
Christopher Colombus tiba di Pulau Boa Vista, 1498 silam, dia tidak terlalu menyukainya. Namun kini, Boa Vista merupakan pulau terbesar ketiga di Tanjung Verde, telah menjadi salah satu pilihan wisata.

Wisatawan yang mengunjungi Boa Vista melonjak setiap tahunnya, dan pada tahun 2015 diperkirakan akan mencapai angka 1 juta kunjungan wisatawan.

Pantai menjadi daya tarik utama Boa Vista. Pulau ini memiliki pantai dengan jumlah sepanjang 55 kilometer, dengan pasir bersih, dan air laut yang jernih. Meski sudah banyak dikenal wisatawan, namun pulau ini hanya memiliki kurang dari 10 hotel, sehingga suasana masih relatif sepi.

Pantai Lacacao sepanjang 16 kilometer memiliki sebuah hotel unik bernama Riu Touareg, yang berbentuk seperti istana pasir raksasa. Hotel ini memberikan akses pribadi bagi para tamu menuju pantai. Hotel ini memiliki area sebesar 620 kilometer persegi di sebelah selatan Pulau Boa Vista, dan merupakan satu-satunya kehidupan di daerah ini.

Dari utara pantai Lacacao, jalanan mulai berbatu, dan berwarna merah sehingga mirip seperti Planet Mars. Dibutuhkan mobil 4x4 WD untuk berkendara di sini.

Jalanan ini mengarah ke Rabil, di mana penduduk lokal terlihat duduk bersantai di luar rumah mereka yang berwarna-warni sambil berjualan pisang atau cokelat, atau hanya sekadar mengobrol. Warga pulau ini sangat santai, dan terlihat membuat pulau ini hampir seperti pulau yang ‘tertidur’.

Berkeliling di Sal Rei, satu-satunya kota di Boa Vista, Anda dapat melihat budaya unik campuran Afrika dan Portugal. Pulau ini memang dijajah portugal dan mendapat kemerdekaannya pada tahun 1975.

Di kota Sal Rei, terdapat pasar ikan dan pelabuhan, yang merupakan sumber penghasilan utama dari penduduk pulau ini. Selain itu, adapula toko-toko suvenir yang menjual ukiran kayu, dan karya seni berwarna cerah.

Tak jauh dari Sal Rei, kunjungi juga Deserto Viana, dengan pemandangan indah pohon palem dan bukit pasir.

Sedikit ke utara, ada Pantai Santa Maria, pantai yang dinamakan sama dengan nama kapal Spanyol yang karam di lokasi itu pada tahun 1968 dan masih dapat dilihat sisa-sisa bangkai kapalnya.

Di malam hari, terutama di pantai-pantai sebelah timur dan selatan, banyak terdapat penyu-penyu yang menetaskan telurnya, dan menjadi pemandangan yang langka.

Pulau ini dapat dikelilingi satu atau dua hari, namun karena masih banyak lokasi yang tidak mudah diakses, lebih baik bila didampingi pemandu wisata yang merupakan penduduk lokal.

Ada kekhawatiran bahwa banyaknya wisatawan yang datang dapat mengganggu ketenangan pulau ini, dan mengurangi jumlah penyu yang hidup.

Boa Vista terletak di Negara Republik Cape Verde di Samudera Atlantik, tepatnya di sebelah barat benua Afrika.

0 komentar:

Posting Komentar